Beranda Berita Pemda Bolmut Sambut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional 2017

Pemda Bolmut Sambut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional 2017

37
0
Pemda Bolmut Sambut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional 2017

Boroko (25/10) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolmut secara resmi menyambut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat tingkat Nasional Tahun 2017 yang bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Bolmut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Dr. Asripan Nani, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada tim Verifikasi Kabupaten Sehat di daerah Bolmut.

Pemda Bolmut di Tahun 2017 ini menargetkan penghargaan Kabupaten Sehat atau Swasti Saba dengan predikat Wiwerda (pembinaan), setelah sebelumnya berhasil mendapat penghargan Swasti Saba Padapa (pemantapan) pada Tahun 2015.

Dikatakan bahwa Pemda bersama masyarakat telah melakukan berbagai persiapan untuk meraih penghargaan tersebut. Untuk itu, diharapkan segala upaya yang telah dilakukan akan membuahkan hasil positif. Namun demikian, yang paling penting bagaimana mewujudkan masyarakat yang sehat.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi drg. Widyawati Garini, M.Kes yang juga Dit Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI menyampaikan bahwa kedatangan tim ini untuk mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh Forum Kabupaten Sehat.

Adapun tatanan yang menjadi penilaian tim verifikasi Kementerian Kesehatan, diantaranya kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan pariwisata, ketahanan pangan dan gizi, masyarakat sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Secara khusus, Ketua Tim verifikasi menyampaikan apresiasinya terhadap sambutan yang diberikan oleh Pemda dan masyarakat Bolmut. Hal ini menunjukkan antusiasme Kabupaten Bolmut untuk meraih penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2017.

Selanjutnya, Tim Verifikasi melakukan peninjauan lokasi di Kecamatan Pinogaluman, diantaranya Kantor Camat Pinigaluman, SMAN 1 Pinogaluman, Desa Dalapuli dan Pantai Indah Batutajam. Terakhir, tim Verifikasi mengunjungi lokasi Wisata Pantai Batu Pinagut Desa Boroko Kecamatan Kaidipang.

Untuk diketahui, penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan RI diklasifikasikan menjadi tiga tingkatan yaitu, penghargaan Swasti Saba Padapa untuk Kabupaten/Kota sehat tahap pemantapan.

Kemudian, Swasti Saba Wiwerda untuk Kabupaten/Kota sehat taraf pembinaan dan penghargaan Swasti Saba Wistara penghargaan Kabupaten/Kota sehat untuk taraf pengembangan.

Dari 170 Kabupaten/Kota yang mengirimkan dokumen Kabupaten/Kota sehat pada Tahun 2017 ini, hanya 78 Kabupaten/Kota yang lulus verifikasi dokumen, dan Kabupaten Bolmut merupakan salah satu diantaranya.(humas)

BAGIKAN
Tim Pengelolah Website Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here