Beranda Berita BUPATI BOLMUT BUKA SEMINAR PROPOSAL PENYUSUNAN DOKUMEN RITIK

BUPATI BOLMUT BUKA SEMINAR PROPOSAL PENYUSUNAN DOKUMEN RITIK

20
0
Boroko (16/04) Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, SH secara resmi membuka Kegiatan Seminar Proposal Konstruksi Penyusunan Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK) yang bertempat di Ruang Rapat Bapelitbang.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Bolmut menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia membantu terkait teknik konstruksi penyusunan RITIK guna memenuhi kebutuhan data-data pendukung yang diperlukan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan khususnya penerapan e-government pada Pemerintah Kabupaten Bolmut.

Diketahui, saat ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN RB sedang melakukan evaluasi pelaksanaan Pemerintahan Berbasis Elektronik, sehingga daerah harus mampu melaksanakan amanah tersebut dengan harapan ke depan Bolmut bisa menjadi salah satu daerah yang menerapkan pelayanan berbasis elektronik.

Untuk itu, apresiasi disampaikan kepada Dinas Kominfo dan Persandian yang telah melaksanakan kegiatan ini. diketahui bersama pelaksanaan Pemerintahan yang berbasis elektronik di Kabupaten Bolmut sudah berjalan namun belum maksimal karena belum ada acuan pelaksanaannya.

Ditegaskan bahwa di era otonomi daerah saat ini, untuk mewujudkan Good Governance salah satu upayanya adalah memaksimalkan penggunaan TIK atau e-government. Karena itu, penyusunan dokumen RITIK ini dilaksanakan sebagai kerangka acuan penerapan TIK dalam upaya pelaksanaan e-government di Kabupaten Bolmut.

Plt Bupati Bolmut berharap seminar ini dapat menghasilkan rumusan pelaksanaan Pemerintahan yang berbasis TIK yang terarah, sehingga ke depan pelaksanaan e-government di Kabupaten Bolmut dapat dijalankan dengan sistem aplikasi yang terintegrasi, agar pelayanan kepada masyarakat dan pelaksanaan tugas-tugas birokrasi dapat berjalan dengan baik, cepat, tepat, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sebelumnya, Kepala Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado Drs. N. Kenda, M.Si mengatakan seminar ini merupakan langkah awal untuk membangun komitmen seluruh pihak khususnya OPD dalam menjalankan Pemerintahan yang berbasis TIK.

Ketika dokumen RITIK ini telah tersusun, Dinas Kominfo dan Persandian sebagai kolaborator dalam implementasi e-government, keberhasilannya sangat bergantung penuh pada keterlibatan seluruh stakeholder, perangkat daerah dan masyarakat yang akan menerima manfaatnya.
RITIK ini nantinya akan menjadi dokumen penting bagi Pemerintah Kabupaten Bolmut sebagai pedoman ekspektasi dalam mencapai tujuan secara terukur dan realistis dalam kurun waktu 5 (lima) Tahun berjalan, baik itu SDM, Infrastruktur, aplikasi dan kebijakannya.
Seminar tersebut menghadirkan narasumber dari Sub Direktorat Teknologi dan Infrastruktur e-Government Kementerian Kominfo RI beserta para Peneliti BPSDMP Kominfo Makasar dan Manado.
Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, para Asisten Sekda dan Pimpinan Prangkat Daerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here