Beranda Berita Pemkab Bolmut Gelar Sosialisasi Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta Dan Frambusia

Pemkab Bolmut Gelar Sosialisasi Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta Dan Frambusia

34
0
Boroko (10/07) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Kesehatan menggelar Pertemuan Advokasi, Sosialisasi dan Pelatihan Singkat Kegiatan Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia melalui kampanye eliminasi Kusta dan Eradikasi Frambusi.
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Drs. Faridudin Gumohung, Boroko, Selasa (07/10).
Bupati Bolmut melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Sekda mengatakan bahwa sebagai Negara yang beriklim tropis, Indonesia masih beresiko terhadap penyakit kusta dan frambusia.
Karena itu, Pemerintah terus berupaya melakukan pengendalian kasus ini melalui program pencegahan dan pengendalian penyakit Kusta dengan target mencapai pada tingkat Provinsi pada Tahun 2019 dan menurunkan angka cacat pada kasus baru menjadi 1/1Juta penduduk pada Tahun 2020. Sedangkan target Program Frambusia adalah eradikasi di Tahun 2020.
Namun demikian, program Nasional pencegahan dan pengendalian Kusta ini menemui kendala seperti dukungan kebijakan dan kemitraan, penemuan dan penatalaksanaan kasus, peningkatan kapasitas petugas, pemberdayaan masyarakat dan orang yang pernah mengalami kusta serta pengobatan pencegahan.
Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta mampu menghasilkan rekomendasi maupun alternatif solusi terhadap berbagai persoalan kusta dan frambusia di Kabupaten Bolmut.
Keberhasilan advokasi dan eliminasi kasus kusta dan frambusia merupakan tanggungjawab bersama. Kata Bupati dikutip dalam sambutannya.
Seluruh stakeholder terkait agar terus meningkatkan peran aktif dalam mendukung program Nasional ini, baik kebijakan maupun dukungan sumber daya yang diperlukan. Pesan Bupati.
Turut hadir Kepala Seksi Kusta Subdit Penyakit Kronis Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI dr. Tiara Pakasi, MA, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat serta Kepala Puskesmas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here